Pantai Pandawa merupakan sebuah simbol perjuangan pantang menyerah warga desa adat selama 12 tahun.  

Tidak diragukan lagi kawasan pantai pandawa saat ini menjadi salah satu objek wisata pantai yang paling favorit selain Kuta. Pantai pandawa mempunyai daya tarik pasir putih dan juga tebing kapur yang eksotis. Tidak banyak yang tahu, nama Pandawa ini adalah hasil perjuangan dari tokoh adat desa Kutuh dari tahun 1999. Ini adalah pemaparan yang saya dengar langsung dari bendesa adat dalam acara family gathering Pandawa.

Sejarah Pantai Pandawa.  

Seperti yang dipaparkan oleh ketua adat atau di Bali disebut dengan nama Bendesa adat pada acara pandawa family gathering “Pandawa is design by God”. Artinya keberadaan pantai pandawa semua karena kebetulan tanpa rencana membuat destinasi wisata. Ini terjadi tahun 1999 saat itu beberapa tokoh adat melobi berbagai pihak untuk membuat jalan menuju pantai. Akses ini awalnya hanya untuk kepentingan upacara adat yaitu melasti atau penyucian alam semesta. Perjuangan mereka banyak menemui hambatan dan tantangan, bagaimana tidak!, Bukit yang mereka belah dijadikan akses itu Milik sebuah PT. Ini yang membuat perjuangan yang “melawan hukum” ini tetap mereka lakukan untuk kepentingan adat dan agama. Perjuangan berakhir di tahun 2011, tepat 12 tahun perjuangan mereka, akses menuju pantai terbentuk sehingga untuk menuju pantai mereka tidak lagi menuruni bukit yang curam.

Nama pandawa akhirnya diambil dari epos Mahabrata ini dimana selama 12 juga pandawa terbuang di hutan karena di zolimi oleh kurawa dalam permainan dadu. Tepat tahun ke 12 ini juga pandawa akhirnya kembali merebut tanah kelahirannya walaupun melalui peperangan dengan pihak kurawa karena tidak memberikan wilayah dari pandawa kembali yang dikenal dengan perang Baratayuda. Terinpirasi dari perjuangan pandawa inilah, nama pantai ini menjadi Pantai Pandawa. Untuk mengabadikan perjuangan desa adat Kutuh di tebing kapur ini dipahat patung tokoh tokoh pandawa.

Lokasi Pantai Pandawa Bali.

Pantai pandawa berlokasi di Desa Kutuh, kecamatan Kuta Utara. Desa ini berjarak kurang lebih 20km dari pusat kota Denpasar atau sekitar 40 perjalanan atau 30 menit via toll Bali mandara. Lokasi pantai ini sangat mudah dijangkau dengan beberapa objek wisata favorit di sekitarnya seperti, GWKUluwatuNusa dua. Keberadaan pantai ini bisa dirangkai dengan satu paket tour full day khsususnya area selatan pulau Bali.

Aktivitas Wisata di Pantai Pandawa.

Banyak aktivitas wisata yang telah dan sedang dibangun di Pantai mempunyai panjang sekitar 700 meter ini. Kami tidak pernah mengira Pandawa mempunyai aktivitas sebanyak ini. Apalagi pantai yang tidak begitu panjang jika dibandingkan dengan Kuta. Dengan pengelolaan dari desa Adat yang professional banyak aktivitas yang bisa anda lakukan dipantai pandawa selain hanya berenang atau sekedar ber swa foto di Pantai Pandawa.

Snorkeling

Menikmati terumbu karang dan berbagai jenis ikan karang yang dipandu oleh staff yang professional.

Kecak Dance

Setiap sore akan ditampilkan tarian kecak yang ditarikan oleh lebih dari 50 orang seniman.

Beach club

Juni 2018 Pandawa beach club resmi dibuka dengan berbagai entertainment yang dibuka sampai jam 24.00

Paragliding

Terbang menggunakan parasut diatas tebing yang ditemani oleh seorang pemandu.

Outbound

Aktivitas games di pantai dengan mengedepankan kerjasama, kekompakan dan tentunya fun .

(Baca juga : games kekompakan team building).

WhatsApp Kami
Powered by