5/5

Perbedaan Team Work dengan Team Building

Gobalitour - Team Building Bali

Team Building dan Teamwork merupakan dua istilah yang kerap kali muncul ketika ingin melakukan aktivitas Outbound. Sebenarnya kedua konsep dari kegiatan ini memiliki keterkaitan, akan tetapi beberapa orang masih banyak belum memahami Perbedaan Team Work dengan Team Building.

Definisi dan Karakteristik Team Work

Team Work merupakan sebuah konsep yang sudah familiar di dunia kerja profesional. Dalam bekerja teamwork memegang peran penting untuk mengerjakan tugas sehari hari sehingga mencapai tujuan bersama. Untuk menciptakan budaya kerja harmonis dan efisien teamwork jadi pondasi yang tepat. Berikut karakteristik dari Teamwork.

  1. Pembagian Tugas dan Kolaborasi

Karakteristik pertama dari aktivitas teamwork adalah pembagian tugas. Dalam sebuah tim yang baik, setiap anggota mempunyai peran dan tanggung jawab masing masing untuk bekerja sehingga mencapai tujuan bersama. Hal ini juga sangat penting sehingga setiap individu dalam team tidak bingung saat bekerja.

Karakteristik selanjutnya adalah kolaborasi, di dalam tim kolaborasi memegang peran penting. Dari berbagai pembagian tugas tadi, setiap individu dalam tim bisa berbagi ide, masukan, dan mencari solusi bersama agar tugas tersebut terselesaikan.

  1. Ketergantungan dan Komunikasi

Karakteristik berikutnya adalah ketergantungan dalam sebuah teamwork. Keberhasilan satu anggota dalam tim akan memberikan pengaruh kepada keseluruhan tim sehingga setiap individu saling bergantung satu sama lain.

Untuk membuat ketergantungan ini berjalan dengan baik perlu Adanya Komunikasi yang baik. Setiap individu dalam tim harus saling berkomunikasi secara baik sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal. Pastikan saling mendengarkan dan menjawab secara baik setiap individu dalam tim.

  1. Memecahkan Konflik

Tentu saja dalam bekerja secara tim, potensi terjadinya konflik akan selalu ada. Konflik dalam tim mungkin saja terjadi maka dari itu perlu adanya latihan dalam mengatasi permasalahan ini. Teamwork jadi jawaban atas masalah ini.

Dengan melakukan kegiatan teamwork seorang individu dalam tim bisa saja mengatasi permasalahan konflik secara baik dan sehat. Permasalahan atau konflik dalam tim harus segera tim selesaikan dalam mencapai tujuan.

Definisi dan Karakteristik Team Building

Team building adalah sebuah proses yang orang rancang untuk memperkuat hubungan antar anggota tim. Aktivitas team building ini akan melibatkan para individu dalam tim sehingga bisa bekerjasama dengan baik sekaligus menumbuhkan kemistri antara keduannya. Berikut karakteristik dari Team Building.

  1. Meningkatkan Keterampilan dan Hubungan

Karakteristik dari team building yang pertama adalah meningkatkan keterampilan. Dalam hal ini kegiatan team building akan memberikan beberapa aktivitas kepada team untuk bisa meningkatkan kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan pemecahan masahan.

Setelah itu kegiatan juga akan berlangsung dengan membangun hubungan tim. Selama kegiatan team building ini anggota tim akan menjadi lebih dekat satu sama lain. Hal ini akan mempermudah aktivitas interaksi antara tim.

  1. Membangun Kepercayaan dan Motivasi Tim

Karakteristik selanjutnya dari kegiatan teamwork ini adalah membangun kepercayaan tim sehingga antara individu satu dan lainnya saling mempercayai. Hal ini sangat penting dalam meningkatkan sebuah produktivitas dalam tim.

Selain itu kegiatan team building juga akan membuat sebuah tim menjadi lebih termotivasi. Setiap individu dalam tim akan saling meningkatkan kinerja untuk sama sama mencapai tujuan bersama dengan lebih produktif.

Inilah Perbedaan Team Work dengan Team Building

Dari kedua definisi di atas tentunya terdapat beberapa poin bisa menjadi pembeda antara Teamwork dan Team Building. Memang kedua istilah ini sering membuat beberapa orang bingung, berikut adalah beberapa Perbedaan Team Work dengan Team Building.

  1. Perbedaan dari Tujuan dan Waktu

Aspek pertama yang dapat membedakan kedua aktivitas ini adalah dengan memperhatikan tujuan dan waktunya. Tujuan utama dari Teamwork adalah memaksimalkan kolaborasi dan produktivitas dalam tugas sehari hari, sementara Team Building cenderung lebih meningkatkan hubungan, motivasi dan keterampilan setiap individu dalam sebuah tim.

Aspek selanjutnya adalah soal Waktu, Teamwork memiliki durasi pengerjaan sepanjang waktu ketika anggota tim bekerja bersama. Sementara team building biasanya sekelompok orang lakukan secara terjadwal di luar jam kerja. Umumnya dengan melakukan aktivitas liburan dengan kegiatan outbound.

  1. Perbedaan dari Aspek Fokus dan Hasil

Aspek selanjutnya yang membedakan kedua aktivitas ini adalah fokusnya. Teamwork menjadi salah satunya. Teamwork biasanya berfokus pada tugas tugas yang para tim harus selesaikan. Umumnya pekerjaan ini berkaitan dengan aktivitas sehari hari. Sementara Teambuilding lebih ke arah pengembangan hubungan antar individu caranya lebih have fun dan casual.

Aspek dari sisi hasil atau output dari kegiatan ini juga tentunya berbeda. Teamwork akan menghasilkan pencapaian dalam pekerjaan sehari hari. Dengan kata lain setelah teamwork bekerja dengan baik ini langsung berpengaruh terhadap produktivitas. Sementara itu hasil atau output dari team building menjadikan individu dalam tim lebih kuat, semangat, dan saling terhubung.

Demikian informasi mengenai beberapa Perbedaan Team Work dengan Team Building. Setelah mempelajari hal ini tentunya Anda sudah bisa membedakan antara Team Building dan teamwork.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

Tips Liburan di Bali

  1. Gunakan selalu masker
  2. Rencanakan tempat menginap selama di Bali
  3. Rencanakan tempat wisata yang akan dikunjungi
  4. Gunakan transport yang sudah include dengan supir 
  5. Jangan buang sampah sembarangan
  6. Hormati tempat suci
logo go bali tour
Bali Treasure Hunt (3)

BALI TEAM BUILDING

150K/ORANG

*SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU